PENYEBAB KEGAGALAN UMUM SISTEM INFORMASI


PENYEBAB KEGAGALAN UMUM SISTEM INFORMASI


PENGERTIAN  :

Informasi adalah fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk keperluan/pekerjaan tertentu . maka , Sistem Informasi dirumuskan sebagai tatanan yang terorganisasi dalam pengaturan sumber daya yang ada yang meliputi pengumpulan data lalu mengolahnya sehingga bisa dengan mudah untuk dikonsumsi dan lebih mudah dalam hal penyebarannya. Lebih jauh yang meliputi sumber daya meliputi: manusia, hardware, software, data dan jaringan yang terdapat di dalamnya (O’Brien, 2005).


PENYEBAB KEGAGALAN SISTEM INFORMASI :

Ada beberapa hal yang menyebabkan gagalnya sebuah proyek. Bisa jadi di antara hal tersebut adalah sesuatu yang sangat kecil tetapi berakibat fatal jika dilupakan atau disepelekan oleh developer yang membangun sebuah sistem. Dalam tulisan ini penyebab kegagalan dibagi dalam tiga kategori, yaitu faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dan Manajemen, Teknis dan Peralatan, dan faktor lain.
Keberhasilan atau kegagalan implementasi dan pengembangan suatu sistem informasi tergantung dari peranan sumber daya manusia yang ada, baik karyawan maupun manajer eksekutif. Keputusan dalam menggunakan sistem informasi yang sudah ada atau mengembangkan sebuah sistem informasi baru yang lebih menunjang bagi perusahaan merupakan keputusan yang dibuat oleh pihak manajemen eksekutif. Jika pihak manajemen kurang mendukung pengembangan suatu sistem informasi baru maka tidak akan ada pengembangan sistem informasi bagi perusahaan. Selain itu keberhasilan atau kegagalan sistem informasi juga dipengaruhi oleh kualitas infrastukturnya (hardware dan software) serta teknis pengoperasiannya.


Faktor-faktor yang menyebabkan SIM kurang berkembang dalam organisasi/perusahaan :

Dengan adanya SIM ini, sebuah perusahaan mengharapkan suatu sistem yang dapat bekerja secara cepat dan akurat sehingga produktivitas kerja di perusahaan lebih meningkat. Namun karena beberapa faktor tertentu, terkadang malah perusahaan mengalami kegagalan.
Pengembangan SIM canggih berbasis komputer memerlukan sejumlah orang yang berketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Banyak organisasi yang gagal membangun SIM karena :

1.     Pengorganisasian perusahaan yang kurang wajar
2.     Kurangnya perencanaan yang memadai
3.     Kurang personil yang handal
4.     Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.


 KATEGORISASI KEGAGALAN SISTEM INFORMASI

Secara umum, penilaian kinerja sistem informasi berfokus pada pertimbangan dari keberhasilan dan kegagalan sistem informasi. Masalah kegagalan sistem informasi dapat dianalisis dengan mengasumsikan bahwa belajar dari kegagalan sistem informasi akan memberikan pelajaran penting untuk merumuskan strategi sukses bagi perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan pengelolaan sistem informasi. Enam jenis kegagalan sistem informasi dapat diidentifikasi sebagai berikut :

1.     Kegagalan Teknis
2.     Kegagalan Proyek
3.     Kegagalan Organisasi
4.     Kegagalan Lingkungan
5.     Kegagalan Pembangunan
6.     Kegagalan Penggunaan

Tingkat keberhasilan maupun kegagalan sistem informasi dapat dikategorikan menjadi 3 tingkat tergantung kepada tingkat keberhasilannya, yaitu :
1.     Pertama adalah kegagalan total inisiatif, tidak pernah dilaksanakan atau di mana sistem baru diterapkan tetapi segera ditinggalkan.
2.     Kedua adalah kegagalan parsial dari inisiatif, di mana tujuan utama tidak tercapai atau di mana terdapat hasil yang tidak diinginkan yang signifikan. Terkait dengan kegagalan parsial adalah kegagalan keberlanjutan mana inisiatif pertama berhasil tetapi kemudian ditinggalkan setelah satu tahun atau lebih.
3.     Ketiga adalah keberhasilan dari inisiatif di mana sebagian besar pemangku kepentingan mencapai tujuan utama mereka dan tidak mengalami hasil yang tidak diinginkan.


KESIMPULAN :

Sistem informasi adalah bagian yang  sangat penting bagi perusahaan saat ini. Penerapan sistem informasi dalam suatu perusahaan tidak selalu berhasil. Sejumlah faktor yang menentukan keberhasilan pelaksanaan proyek sistem informasi. Beberapa diantaranya adalah faktor lingkungan, struktur organisasi internal, struktur tim proyek, teknologi yang sesuai dan metodologi proyek, serta dukungan pasca proyek.
Untuk mencapai keberhasilan tersebut, maka perusahaan harus melakukan langkah-langkah yang tepat ketika akan menerapkan sistem informasi. Langkah-langkah ini harus dilakukan dalam sebuah cara yang sistematis dan mengikuti kaidah-kaidah yang ada. Walaupun hal ini tidak menjamin kesuksesan pengimplementasian sebuah sistem informasi ke dalam perusahaan, namun pengerjaan yang telah mengikuti kaidah akan mendekatkan kepada hasil yang lebih baik.
Selain kesuksesan, kegagalan juga membayangi penerapan sistem informasi. Kegagalan  disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : ketidakmampuan teknisi TI yang dipekerjakan oleh perusahaan, dan ketidakcocokan TI yang dikembangkan oleh teknisi dengan tujuan perusahaan, ketidaktahuan manajer perusahaan mengenai TI yang ingin dikembangkan serta rasa memiliki perusahaan oleh para pengembang TI yang ada di dalamnya.  Solusi dari persoalan itu adalah dibutuhkan partisipasi oleh pihak perusahaan dan mempekerjakan tenaga TI yang handal dan  profesional.
Azaz manfaat TI bagi kebutuhan organisasi perusahaan harus sampai pada level end user.  Artinya  teknologi itu tidak hanya menjadi barang pajangan  terkesan canggih dari suatu organisasi. Dibutuhkan evaluasi sistem teknologi informasi agar bisa mencapai sasaran, caranya adalah sebagai berikut;

1.     Melihat kembali tujuan dari penerapan TI, dengan menggambarkan kembali arsitektur bisnis TI yang ada akan menentukan ruang lingkup, kompleksitas, jangkauan layanan, piranti TI dan investasi yang telah ditanamkan.
2.     Tentukan fasilitas pengolahan dan frekuensi pemanfaatan, ketahui potensi pelanggan, ukur manfaat dan buat acount terpisah.
3.     Perlu disadari bahwa investasi TI membutuhkan waktu 2-3 tahun untuk menikmati hasilnya.
4.     Memonitor dan memperbaiki implementasi yang belum berjalan baik, membuat program change management.


NAMA : CICILIA CHRISTIANI (11115503)
KELAS : 2ka03

Komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. Bikin artikel Plagiat Kontol Dari Scribd , Kreatif dikit lah ngentot

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS IBD MAKALAH MAKANAN FAOVORITE

TUGAS MAKALAH TENTANG PAHLAWAN YANG DI SUKAI 'IBU MARIA WALANDA MARAMIS'