TUGAS SOFTSKILL COBIT 5

COBIT 5 adalah kerangka bisnis untuk tata kelola dan manajemen perusahaan IT (IT gevornance framework), dan juga kumpulan alat yang mendukung para manager untuk menjembatani jarak (gap) antara kebutuhan yang dikendalikan (control requirments), masalah teknis (technical issues) dan resiko bisnis (business risk). COBIT 5 adalah evolusi dari framework sebelumnya yakni, COBIT 4.1 yang ditambah dengan Val IT 2.0 dan Risk IT.


COBIT 5 didasarkan pada lima prinsip utama untuk tata kelola dan manajemen perusahaan TI.
·         Prinsip 1 : Pemenuhan Kebutuhan Stakeholder Setiap perusahaan mempunyai visi dan misi yangberbeda

·          Prinsip 2 : Meliputi Enterprise End-to-End Menganggap semua tata kelola dan manajemen TIenableruntukperusahaan

·          Prinsip 3 : Menerapkan Singel Framework yangTerpaduCOBIT 5 dapat menyesuaikan dengan tatakelola dan manajemen TI pada perusahan

·          Prinsip 4 : Mengaktifkan Pendekatan HolistikCOBIT 5 mendefinisikan satu set enabler untukmendukung pelaksanaan tata kelola yangkomprehensif dan sistem manajemen TI untukperusahaan

·         Prinsip  : Memisahkan Tata Kelola dari Manajemenkerangka COBIT 5 membuat perbedaan yang jelasantara tata kelola dan manajemen. Tata kelola pada sebagian besar perusahaan merupakan tanggung jawab dari dewan direksi yang dipimpin oleh pemilik Manajemen merupakan tanggung jawab semua manajer eksekutif yang dipimpin oleh direkturoperasional dalam menjalankan operasional kerja.


7 enabler yang terdapat didalam COBIT 5
Prinsip kebijakan dan kerangka kerja
·         Adalah kendaraan untuk menerjemahkan perilaku yangdiinginkan menjadi panduan praktis untuk sehari-harimanajemen.

·          Proses : Menggambarkan set terorganisir praktek dan kegiatanuntuk mencapai tujuan tertentu dan menghasilkan setoutput dalam mendukung pencapaian keseluruhan TI-tujuan yang terkait.

·          Struktur organisasi : adalah pengambilan keputusan kunci entitas dalamsuatu perusahaan.

·          Budaya etika dan perilaku individu dan perusahaan : Sangat sering diremehkan sebagai faktor keberhasilandalam kegiatan tata kelola dan manajemen.
 
·         Informasi :Diperlukan untuk menjaga organisasi berjalan denganbaik dan diatur, tetapi pada tingkat operasional,informasi sangat sering produk utama dari perusahaanitu sendiri.
 
·         Layanan infrastruktur dan aplikasi :Meliputi infrastruktur, teknologi dan aplikasi yangmenyediakan perusahaan dengan pengolahan informasiteknologi dan jasa.
 
·         Orang keterampilan dan kompetensi :Diperlukan untuk berhasil menyelesaikan semua kegiatan,dan untuk membuat keputusan yang benar danmengambil tindakan korektif.


  Nama : Cicilia Christiani
n      Npm : 11115503
        Kelas : 2KA03

·         Sumberhttp://nilanoviasariblo.blogspot.co.id/2014/03/cobit-4-dan-5.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYEBAB KEGAGALAN UMUM SISTEM INFORMASI

TUGAS IBD MAKALAH MAKANAN FAOVORITE

TUGAS MAKALAH TENTANG PAHLAWAN YANG DI SUKAI 'IBU MARIA WALANDA MARAMIS'